Wakil Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :21 Mei 2019 | Dudah Dilihat : 53 Kali Dilihat
Wakil Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111

Wakil Bupati menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 tingkat Kabupaten Rokan Hilir.


BAGANSIAPIAPI - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111 di Rokan Hilir berlangsung Khidmat, Wakil Bupati Jamiluddin menjadi Inspektur Upacara, acara tersebut digelar di Halaman Kantor BPKAD, Jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Senin (20/5/2019) pagi yang diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Rohil, TNI dan Polri.

Wakil Bupati Rokan Hilir Drs. H. Jamiluddin, dalam membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kebangsaan Nasional yang ke-111 tahun  ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa.

Bahwa sumpah palapa ditemukan pada kitab paraton tertulis : Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada:'Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa.

"Kita berada dalam situasi pasca- pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengapresiasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan jusru mengoyak persatuan sosial kita," kata Wabup.

Lebih lanjut, Jamiludin mengucapkan Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. "Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa." ujarnya.

Menurutnya, Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu ini. Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut.

"Alangkah eloknya jika kita wujudkan ucapan terima kasih atas pengorbanan mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi," ungkap Jamiludin.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini, Sebut Wabup dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan. Bagi umat muslim. "Bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan disematkan tema "Bangkit Untuk Bersatu" Kebangkitan untuk Persatuan.

"Akhir kata, saya haturkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memakai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi,sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global," pungkasnya.

Komentar