Pimpin Apel Dijajaran ASN, Kadiskes Rohil Kampanyekan Pentingnya Imunisasi MR

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :02 Agustus 2018 | Dudah Dilihat : 42 Kali Dilihat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir Propinsi Riau, Ners Dahniar, Skep, M.Kes sampaikan kampanye eleminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Measles Rubella (MR) saat memimpin apel pagi dijajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer dilingkungan Pemkab Rohil, Senin (30/7/2018) dilapangan Taman Budaya kawasan perkantoran batu enam Bagansiapiapi.

"Pemerintah pusat, propinsi maupun Tingkat Kabupaten/Kota mempunyai komitmen kuat untuk mewujudkan eleminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Measles Rubella (MR) yang dapat menyebabkan kecacatan bawaan pada anak," kata Dahniar, M.Kes.

Lanjutnya, untuk mewujudkan eliminasi dan pengendalian kedua penyakit ini, ditempuh strategi secara nasional dengan  memberikan imunisasi MR tambahan pada anak dengan sasaran kepada 220.217 anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun di Rokan Hilir. Imunisasi ini akan dilaksanakan selama bulan Agustus-September 2018 dengan capaian mencakup 95 persen," jelas Dahniar.

Diterangkan Kepala Dinas Kesehatan bahwa penyakit campak ini menurutnya dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru berat (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Sedangkan Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, 80-90% dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

"Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung (kelainan katup) dan mata (katarak, glaukoma), ketulian permanen dan berhentinya perkembangan otak karena tempurung kepala kecil (mikrosefali) yang jelas akan menyebabkan keterlambatan dan gangguan perkembangan," terangnya.

Dinas Kesehatan Rohil menghimbau dan mengajak semua orang tua yang memiliki anak usia 9-15 tahun untuk melakukan imunisasi MR ini. Mari lindungi buah hati anda dari kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit Campak dan Rubella dengan Imunisasi vaksin MR gratis di puskesmas maupun disekolah-sekolah.

"Keberhasilan kampanye campak dan Rubella ini sangat ditentukan oleh dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat. Dan demi menyukseskan penggerakan dukungan dan partisipasi masyarakat, maka dilakukan pencanangan kampanye imunisasi MR di Kabuapten Rokan Hilir oleh Bapak Buapti yang akan diselanggarakan pada Tanggal 1 Agustus di Yayasan Perguruan Wahidin Jalan Pahlawan Bagansiapiapi sebagai tanda dimulainya pencanagan imunisasi campak dan Rubella," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Rohil mengakhiri sambutannya pada apel pagi di jajaran ASn dan honorer pemkab Rohil.

Komentar