Penghijauan: Tanam Pohon di Hutan Kota

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :14 November 2020 | Dudah Dilihat : 65 Kali Dilihat

Penanaman 2000 pohon dalam rangka  hari pahlawan tahun 2020 di hutan kota Bagansiapiapi. Demikian hal ini ditegaskan oleh kadis Lingkungan hidup Rohil Suwandi,S.Sos di areal hutan kota jalan kecamatan komplek perkantoran batu enam, Bagansiapiapi, Sabtu (14/11/2020).

Hadir saat itu Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi,S.IP,M.Pol, Kadis Lingkungan Hidup Rohil Suwandi,S.Sos, ketua FIF Bagan Batu Ali Nurhakim Rais, ketua Persit Kartika Candra, para Babinsa, Pramuka, PPM, Pemuda Pancasila dan ormas lainnya. 

Dandim 0321 Rohil membuka kegiatan ini ditandai dengan menanam pohon di areal hutan kota. Penanaman 2000 pohon ini diikuti juga oleh ormas dan OKP lainnya serta prajurit TNI dan karyawan FIF Baganbatu serta petugas Dinas Lingkungan Hidup Rohil.

Kadis Lingkungan Hidup, Suwandi menegaskan bahwa pada hari ini dilaksanakan penanaman 2000 pohon pelbagai bibit pohon jenis kayu hutan di Hutan Kota, diantaranya pohon Meranti 500 batang, pohon pulai 1000 batang, pohon leban 200 batang, pohon gaharu 500 batang serta pohon Ketapang dan pohon tabibuya. 

"Alhamdulillah dari FIF Baganbatu menyumbang 200 batang bibit yang dialokasikan sebagai penghijauan di areal hutan kota,"katanya.

Dikatakannya kawasan hutan kota merupakan gagasan bupati Rohil H.Suyatno yang saat ini sedang cuti. Melalui dinas lingkungan hidup dianggarkan untuk membangun beberapa fasilitas penunjang dan fasilitas lainnya.

"Tahun 2021 diharapkan bisa dinikmati oleh masyarakat kabupaten Rokan Hilir maupun masyarakat diluar kabupaten Rokan Hilir,"katanya.

Hutan kota dibangun berdasarkan amanat peraturan pemerintah nomor 63 tahun 2008. Hutan kota ini diharapkan menjadi sarana edukasi, karena di tanam pelbagai macam dan jenis pohon, karena saat ini dinominasi pohon karet. Sarana  rekreasi karena tempat lesehan keluarga, sarana hobbi mancing karena terdapat kolam memancing ikan, sarana ekonomi karena tempat ini akan dinaungi tempat penjualan souvernir dan juga sebagai sumber pendapatan asli daerah melalui distribusi masuk dan parkir.

"Secara berangsung-angsur melalui dinas lingkungan hidup provinsi riau melalui balai benih meminta bantuan bibit untuk ditanam di kawasan hutan kota. Kedepan koleksi pohon hutan di hutan kota ini mudah mudahan semakin banyak karena mendapat bantuan jenis pohon hutan lainnya,"tuturnya. (andy)

 

Rilis oleh: Diskominfotiks Rokan Hilir

Komentar