Pemkab Rohil Bersama TNI Tanam Ribuan Pohon di Taman Kota Bagan Siapi Api

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :14 November 2020 | Dudah Dilihat : 62 Kali Dilihat

-Pemkab Rokan Hilir (Rohil) berkerjasama dengan Kodim 0321 kembali melaksanakan program penghijauan dan pembinaan lingkungan hidup, Sabtu (15/11/2020). Kali ini penanaman pohon dilakukan di kawasan hutan kota Bagansiapiapi.
 
Gerakan penanaman 2 ribu pohon tersebut diikuti oleh Dandim 0321 Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi, Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto,SIK diwakili Panit Binmas Polsek Bangko, Iptu Arifin, Kadis LH, Suwandi,S.Sos, kepala Cabang FIF Bagan Batu, Ali Mulhakim Rais, para Ormas, Mahasiswa,anak-anak Gerekan Pramuka serta masyarakat.
 
Dalam sambutannya, Kadis LH, Suwandi,S.Sos menyampaikan, atas nama pemerintah daerah melalui dinas lingkungan hidup kabupaten Rokan Hilir menyampaikan ucapan terima kasih atas terlaksananya acara penanaman 2 ribu pohon dalam rangka memperingati hari pahlawan tahun 2020.
 
"Dapat kami laporkan bahwasanya jumlah pohon yang sudah atau akan di tanam di areal hutan kota ini sebanyak 2 ribu pohon yang terdiri dari, pohon Meranti 500 batang, pohon pulai 1 ribu batang, pohon leban 200 batang, pohon gaharu 500 batang. kemudian pohon Ketapang dan pohon Tabebuya," Terang Suwandi. 
 
Disampaikan Kadis LH Rohil bahwa tempat acara penanaman 2 ribu pohon adalah kawasan hutan kota yang digagas oleh H.Suyatno sebagai bupati Rokan Hilir yang saat ini sedang cuti. 
 
"Alhamdulillah mulai tahun 2020 melalui Dinas Lingkungan Hidup dianggarkan untuk membangun beberapa fasilitas penunjang dan fasilitas-fasilitas lainnya, dan diharapkan ditahun 2021 nanti bisa dinikmati oleh masyarakat Rokan Hilir maupun masyarakat luar Rokan Hilir," harapnya.
 
Dijelaskan Suwandi, Hutan kota dibangun berdasarkan amanat peraturan pemerintah no 63 tahun 2008.
 
"Mudah-mudahan dengan terbangunnya hutan kota ini menjadi sarana edukasi karena di hutan kota  ini insya Allah akan di tanam bermacam-macam jenis pohon hutan. Saat ini pohon-pohon yang ada di hutan kota Bagansiapiapi sebagian besar masih di dominasi oleh pohon karet maka secara bertahap melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau melaui balai benih meminta bantuan bibit untuk di tanam di kawasan hutan kota. Alhamdulillah dalam pelaksanaan kegiatan ini pihak FIF Cabang Bagan Batu juga menyumbangkan 200 batang pohon. Mudah-mudahan kedepan stok atau koleksi  pohon- pohon hutan yang ada disini semakin banyak," ujarnya.
 
Sementara itu, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi mengatakan program lingkungan hidup yang digagas TNI dalam hal ini bersama lestari kan bumi Indonesia demi masa depan generasi penerus bangsa. 
 
 "Dalam rangka Hari Pahlawan yang bertema "Pahlawan Ku Pahlawan Sepanjang Masa". Pahlawan nya sekarang ini adalah kita generasi penerus bangsa. Memang sengaja kita  hadirkan  para generasi  muda diacara ini yang nantinya bisa menyelamatkan bumi Indonesia ini salah satu nya hutan Indonesia adalah kita semua," kata Agung Rachman Wahyudi.
 
Program penanaman 2 ribu pohon yang dilaksanakan di hutan kota Bagansiapiapi, kata Dandim 0321 Rohil merupakan program pembinaan kepada masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan." Kita jaga alam,alam jaga kita itu yang lagi digagas oleh kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo," sebutnya.
 
Diungkap Dandim 0321, Agung Rachman Wahyudi bahwa hutan Indonesia kini mengalami penurunan terutama di provinsi Riau akibat terjadinya kebakaran hutan sehingga terjadi perubahan hutan menjadi lahan perkebunan sawit kemudian hutan-hutan di wilayah lahan berubah fungsi. " Wujud komitmen dari pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir dengan adanya hutan kota ini ingin mengajak seluruh generasi muda yang ada di kabupaten Rokan Hilir ini untuk lebih mencintai lingkungan, program ini adalah rangsangan  untuk lebih mencintai lingkungan. Saya yakin bilaman hutan kota ini sudah jadi dan bagus kita lebih mencintai lingkungan,"kata Dandim 0321 Agung Rachman Wahyudi.(Agung)
 
Rilis oleh: Diskominfotiks Rokan Hilir

Komentar