Pelepasan Pawai Taaruf MTQ XV Oleh Bupati Rokan Hilir

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :27 Agustus 2018 | Dudah Dilihat : 424 Kali Dilihat

Setelah melantik Dewan Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah, Hafidz dan Hafidzah (IPQAH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau periode 2018-2022 Sabtu (25/8) malam tadi, pemerintah akan melaksanakan pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XV Rokan Hilir.

 

Sekda Kabupaten Rokan Hilir, Drs Surya Arfan, M.Si menyebutkan, pembukaan MTQ dilaksanakan pada hari Minggu (26/8/2018) malam di lapangan Taman Budaya Batu 6 Bagansiapiapi. Sebelum pembukaan, terlebih dahulu dilaksanakan malam Ta'aruf sekaligus pelantikan Dewan Hakim dan Majelis Hakim MTQ di Mess Pemda Rohil Jalan Perwira Bagansiapiapi.

 

Pawai Taaruf nanti, kata Sekda, akan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah, 18 kecamatan dan Ormas Islam. Mengenai stand Bazaar, tahun ini pemerintah tidak menyediakannya. "Stand Bazar dari Pemda tidak ada, tapi kalau misalnya ada pihak swasta yang ingin berjualan silahkan," tuturnya.

 

Terpisah, Wakil Bupati Rokan Hilir, Drs Jamiluddin mengungkapkan, dengan dilantiknya pengurus IPQAH hendaknya saling bersinergi membangun daerah melalui pembinaan Qari-Qariah agar lebih baik lagi. Karena menurut dia, selama pelaksanaan MTQ sebelumnya selalu mengambil qari-Qoriah dari luar demi membawa nama Kabupaten Rohil untuk mendapatkan juara.

"Dua tahun belakangan Pemkab tidak lagi merekrut qari-Qoriah dari luar, melainkan putra-putri terbaik Rohil yang terus diberikan pembinaan," katanya.

 

Senada disampaikan Asisten I Pemprov Riau Ahmadsyah Harrofie bahwa dari 12 kabupaten/kota se-Riau, Rohil merupakan IPQAH yang ketiga resmi dikukuhkan setelah Kabupaten Indragiri Hulu dan Bengkalis.

 

''Kita sangat berharap selain Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang ada ditingkat kabupaten, IPQAH Rohil juga diharapkan mampu memberikan warna baru dalam memberikan pembinaan dan bimbingan kepada calon peserta qari-Qoriah yang ada dimasing-masing kecamatan,'' kata Ahmadsyah.

 

Selain itu, Asisten I Pemprov Riau Ahmadsyah Harrofie juga mengharapkan agar LPTQ dan IPQAH dapat membangun hubungan koordinasi yang baik, sehingga kedepan Qari-Qariah yang ada di Kabupaten Rohil terus dibina demi untuk mencari dan menghasilkan Qari-Qariah daerah terbaik.

 

Turut hadir dalam kegiatan itu Bupati Rohil Suyatno, Ketua IPQAH Provinsi Riau Yuhendri Tarmizi, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Rohil, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua LPTQ Rohil Syafrudin, para Camat, offisial, peserta kafilah dan tamu undangan lainnya.

Komentar