Malam Ini, Peserta Asal Malaysia dan Padang Panjang Ramaikan Rohil Bersenandung

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :02 Oktober 2018 | Dudah Dilihat : 127 Kali Dilihat

Suasana kegiatan Hari Ulang Tahun Rokan Hilir ke 19 terasa kental dengan serangkaian acara yang mengedepankan hiburan, pertandingan serta kegiatan sosial sejak tanggal 30 September hingga 4 Oktober 2018 mendatang. Salah satunya acara yang ditunggu masyarakat pecinta seni adalah Rohil Bersenandung. 

Bukan hanya peserta dari luar Rohil tapi juga ada dari Padang Panjang, Pekanbaru, Rokan Hulu dan Rengat, bahkan negara tetangga seperti Malaysia yang berdekatan dengan Bagansiapiapi juga ikut meramaikan acara yang dihadiri oleh Generasi Pesona Indonesia se-Sumatera serta Pulau Jawa dan juga pejabat setempat.

Bertempat di depan kantor BPKAD jalan Merdeka, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada hari Minggu (30/9/2018) malam ini, seluruh peserta akan bertanding diatas pentas dengan mengusung tema sesuai dengan keahlian mereka masing masing.

"Seluruh peserta akan unjuk kebolehannya dibidang seni dari berpuisi, menari, menyanyi, dan juga berkolaborasi. Dalam pertandingan itu kita kasi waktu untuk unjuk kebolehannya,'' kata Kepala Dinas Pariwisata Rohil, Ali Asfa,  Minggu (30/9/2018) usai penutupan acara berzanji di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi.

Menurutnya, kesenian di Rokan Hilir penting diangkat ke permukaan agar tidak hilang ditelan arus modernisasi. Salah satunya adalah dengan perlombaan Berzanji.

Berzanji, kata Ali, sangat kental dengan budaya nuansa kental Islam terutama untuk perayaan sunat rasul, mencukur hingga acara pernikahan. Tidak salah, pemerintah akan membudayakannya sehingga kedepan akan ada regenerasi kepada kaum muda agar barzanji atau selawatan dan kesenian-kesenian yang bernafaskan Islam tidak mengalami penyusutan dikemudian hari.

Komentar