Labor Dinas Lingkungan Hidup Rohil Sudah Bisa Digunakan untuk Uji Pencemaran Air

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :03 September 2018 | Dudah Dilihat : 63 Kali Dilihat

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi, S.Sos meminta kepada masyarakat untuk memanfaatkan labor lingkungan di Batu Enam, Bagansiapiapi untuk mendeteksi tingkat pencemaran air.

Menurutnya, akhir akhir ini, tingkat kerawanan pencemaran air dan udara sudah sangat mengkhawatirkan karena banyak sampah yang dibuang ke sungai dan selokan yang berbahan dasar kimia.

" Masyarakat bisa melaporkan keluhan masalah limbah itu untuk memanfaatkan uji sampel laboratorium," kata Suwandi, Sabtu (1/9/2018).

Menurutnya, indikator uji labor milik Pemkab sudah lengkap dan mereka akan mengeluarkan catatan sendiri jika terdapat pencemaran air. Apalagi, aktifitas pelaku usaha akhir-akhir ini kian bertambah dan tidak tertutup kemungkinan banyak pelaku usaha menggunakan industri berbahan kimia.

Dia menambahkan, pihaknya bakal melayangkan surat yang ditujukan kepada kalangan pelaku usaha ataupun masyarakat untuk mendukung penuh pemanfaatan laboratorium dengan kegiatan uji sampel . DLH juga akan menyampaikan permohonan yang dimaksud kepada Bupati untuk selanjutnya akan ditetapkan sebagai surat edaran yang ditujukan kepada pihak terkait.

" Untuk kegiatan pengujian, akan melibatkan petugas yang telah memiliki sertifikat dibidangnya," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir menegaskan, uji laboratorium akan menentukan sebatas mana parameter air dan jika terjadi pencemaran akan dilakukan penanggulangan secara cepat.

Komentar