Kini RSUD Protomo Rohil Miliki Empat Unit Alat Cuci Darah

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :30 Agustus 2018 | Dudah Dilihat : 415 Kali Dilihat

Berkat Bantuan Keuangan  (Bangkeu) Provinsi Riau, RSUD Protomo  Bagansiapiapi mendapat 4 Unit alat layanan Cuci Darah atau Hemodialisa.

Disela kunjungan itu, Sekda Drs. H. Surya Arfan, M.Si menyatakan dengan fasilitas 4 unit alat cuci darah bisa mempermudah para pasien mendapatkan layanan cuci darah, Sembari melihat langsung  alat tersebut, Selasa (28/8/18) di RSUD Protomo di Bagansiapiapi.

Terdata 48 orang pasien yang membutuhkan layanan cuci darah, mereka ini melakukan hemodialisis, minimal dua kali dalam satu pekan, bolak- balik tujuan kota Dumai.

"Begitu alat sudah bisa difungsikan, maka diharapkan kedepan pasien tersebut tidak mestinya lagi, kekota dumai melainkan akan datang ke RSUD Pratomo sini," ujar Sekda Rohil.

Menurut keterangan tenaga medis lanjut, Sekda Rohil, 1 unit alat cuci darah bisa layani dua pasien, dengan 4 unit yang ada otomatis, bisa melayani 8 orang, Sedangkan pasien yang ada 48 orang kemungkinan di Rolling lagi.

"Mudah- mudahan tahun depan kita menambah alat lagi dari Bangkeu atau mengunakan APBD Rohil," kata Sekda.

Adapun Bantuan Bangkeu tersebut, tidak hanya alat cuci darah saja, bahkan dilengkapi dengan alat-alat lainnya seperti tempat, Kursi, Ruangan Pendingin udara dan lainnya.

Dijelaskan Sekda Rohil, persiapan tenaga ahli medis tersebut siap terdidik sebanyak empat orang, mereka berasal dari unsur Dokter Spesialis Dokter Umum, dan dua orang perawat dan telah menjalankan latihan selama tiga tahun enam bulan dikota medan Sumut.

"Tahap berikutnya pemkab akan menerima kunjungan tim Visitasi dari sumatera barat, mereka, red,  berwewenang memberikan izin layak atau tidak layaknya alat Hemodialisa tersebut, nanti sekaligus louchingnya,"tambah Sekda

Komentar