DPRD Siap Bantu Pelaku UKM Yang Ada Di Rohil Untuk Mengurus Izin Usaha

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :28 Agustus 2018 | Dudah Dilihat : 469 Kali Dilihat

Anggota DPRD Provinsi Riau daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Rokan Hilir, Siswaja Muljadi mengaku siap membantu pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk mengurus perizinan usaha.
     
"Kami berharap pelaku usaha jangan menganggap bahwa mengurus izin Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) itu sesuatu yang sulit. Kami sebagai fasilitator, sebagai anggota DPRD siap menjawab tantangan itu," kata Siswaja Muljadi usai menggelar reses sekaligus sosialisasi pengolahan kebersihan rumah tangga di Warung Kapitan Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Sabtu.
     
Menurut dia, selama ini pelaku usaha sulit berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan, atau karena tidak kenal dan mungkin merasa tidak punya anggaran untuk mengurus izin tersebut. Namun ia kembali menegaskan pihaknya siap membantu.
     
"Terus terang, apa yang sudah kami lakukan sudah banyak membantu mereka. Sudah banyak UKM, mungkin lebih daripada 20 izin yang kita keluarkan secara cuma-cuma. Jadi, kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk meninjau tempat produksi, alat dan bahan produksi mereka. Kalau memang layak untuk dikeluarkan izinnya Dinas Kesehatan akan membantu. Jadi kami harap masyarakat jangan ragu dan jangan takut untuk berkomunikasi dengan kami ataupun langsung berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan," ujar Aseng, begitu ia disapa.
     
Aseng pun berharap setelah dilakukan sosialisasi itu para pelaku UKM khususnya alat-alat kebersihan rumah tangga bisa melanjutkan dengan mengurus izin-izin yang berkaitan dengan barang produksi mereka.
     
Karena menurut dia, banyak masyarakat Rokan Hilir cukup inovatif, maju dan ingin mencari tambahan daripada penghasilan mereka yang berkecimpung didalam alat-alat kebersihan rumah tangga tersebut. Kebanyakan mereka berdomisili di Kecamatan Bangko Pusako, Rimba Melintang dan Bagan Sinembah.
     
"Jadi kami menjawab keluhan masyarakat itu dengan melakukan kegiatan sosialisasi seperti ini. Bukan hanya di Bagansiapiapi, kegiatan yang sama juga nanti kami lakukan ke beberapa titik di Rokan Hilir, yakni di Manggala Jonson Kecamatan Tanah Putih dan Teluk Pulau di Rimba Melintang," jelasnya.
     
Aseng menambahkan, bagi peserta yang serius mengikuti sosialisasi tersebut nantinya akan diberikan izin usaha, dan tentu akan menjadi suatu acuan atau pelajaran buat teman-teman pelaku usaha yang lain.
     
"Mudah-mudahan dengan pembelajaran seperti ini kita harapkan masyarakat lebih sadar dan lebih mau mengurus izinnya sehingga usaha mereka bisa maju, secara ekonomi bisa sejahtera. Tidak tertutup kemungkinan juga membawa nama besar daripada Kabupaten Rokan Hilir," demikian Siswaja Muljadi.

Komentar