Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir intens melakukan pengawasan terhadap pekerjaan DAK fisik

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :27 Juni 2020 | Dudah Dilihat : 133 Kali Dilihat

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir intens melakukan pengawasan terhadap pekerjaan DAK fisik Tahun 2020 yang saat ini masih berlangsung (bekerja)

Pada kesempatan kesekian kalinya dalam melakukan peninjauan langsung kelapangan tersebut pihak Disdikbud Rohil tidak bosan bosannya menyampaikan pesan dan arahan kepada seluruh Sekolah penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020 agar transparan dan tidak salah dalam pengerjaan nya.

“Pimpinan selalu mengingatkan kami agar senantiasa melakukan pengawasan secara intens kesekolah sekolah yang mendapatkan DAK terhadap seluruh pekerjaan, baik pekerjaan gedung baru, pekerjaan rehabilitasi maupun Afirmasi yang sedang berlangsung saat ini, sebab jika pekerjaan ini tidak diawasi dengan sungguh -sungguh kita kuatir pekerjaan di kerjakan asal asalan.”

Kabid SD Suwarno S.Kom di dampingi PPTK Sulaiman memeriksa pekerjaan DI SDN 024 sesuai RAB

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hilir HM. Nurhidayat SH.MH melalui Kabid SD Suwarno S.Kom dihadapan Kepala Sekolah, Ketua dan Bendahara P2S serta awak media saat melakukan pengawasan pekerjaan Pembangunan Ruang Kelas baru (RKB) di SDN 024 Bangko Mukti Kec. Bangko Pusako, Rabu kemarin.(24/6/2020)

Menurut Kabid SD Suwarno yang saat itu didampingi PPTK Sulaiman, sebenarnya sangat berat tugas Kepala Sekolah dalam mengelola anggaran DAK ini tapi karena amanat Peraturan Presiden RI nomor 88 tahun 2019 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 11 tahun 2020 tentang Juknis DAK Bidang Pendidikan, mau tidak mau harus dilaksanakan, sebab tidak semua kepala sekolah dan kepanitiaan yang dibentuk memahami secara detil pekerjaan tersebut makanya lakukan pengawasan rutin dan rapat musyawarah baik dilapangan/sekolah maupun di kantor agar hasil pekerjaan mendapatkan hasil yang baik.

Mengapa dalam setiap peninjauan kelapangan Pihak Disdikbud Rohil selalu mengingatkan pihak sekolah? tambah Suwarno ketika di konfirmasi ulang Sumatratimes.co.id Jumat (26/6/2020) sebab kita semua tahu bahwa yang melaksanakan pekerjaan adalah pihak sekolah dengan pola swakelola, kepanitiaannya dibentuk oleh Ka. Sekolah yang kita kenal dengan istilah P2S (Panitia Pembangunan Sekolah) terdiri dari unsur guru, Wali murid, Komite dan masyarakat serta penanggung jawab adalah Kepala Sekolah.

Untuk itulah kepada pihak sekolah agar transparan, bersungguh – sungguh serta senantiasa mengacu pada gambar, RAB dan mengikuti aturan yang sudah di tetapkan Pemerintah Pusat. Ucapnya.

Agar upaya pihak sekolah para guru kita fokus pada proses belajar mengajar (pbm) kata Suwarno kita berharap di tahun akan datang Pemerintah dalam hal ini kemendikbud punya kebijakan lain dalam pekerjaan DAK fisik bidang pendidikan, misal nya di laksanakan dengan kontraktual.

Kabid Suwarno di dampingi PPTK Photo bersama Kepala Sekolah, Ketua dan Bendahara P2S saat melakukan pengawasan pekerjaan Pembangunan Ruang Kelas baru (RKB) di SDN 024 Bangko Mukti Kec. Bangko Pusako, Rabu.(24/2020)

Lebih lanjut Kabid SD Suwarno mengatakan bahwa kegiatan DAK yang sedang berlangsung pengerjaan nya saat ini sesuai Juknis pihak sekolah atau P2S didampingi oleh Fasilitator yang mempunyai tugas membantu menyiapkan dokumen seperti gambar kerja, rencana anggaran biaya dan Jadwal pelaksanaan (schedule), serta membantu dinas pendidikan melakukan pengawasan.

Kemudian lagi, Disdikbud Rohil berharap pihak sekolah dan p2s selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas material yang digunakan agar hasil yang didapat kan sesuai dengan yang diharapkan, sebab dengan hasil yang bagus suatu kebanggaan bagi sekolah dan akan menciptakan suasana belajar mengajar menjadi aman dan nyaman.

“Pihak sekolah sebagai pelaksana kegiatan (swakelola) haruslah transparan dan akutabel dalam pengerjaannya, hal ini guna mencegah dugaan dan multitafsir oleh masyarakat terhadap pekerjaan yang dikerjakan, dan agar tidak menjadi masalah hukum dikemudian hari, pesan Kabid SD Suwarno pada Kepala Sekolah dan P2S setiap sekolah yang dikunjungi nya.

Pantauan dilapangan, setelah Meninjau Lokasi pekerjaan fisik pembangunan Ruang kelas Baru di SDN 024 bangko mukti dan memberi masukan masukan positif kepihak sekolah selanjutnya Kabid Suwarno S.Skom melanjutkan kesekolah lain nya yang mendapat kan DAK di Bangko Pusako dan lanjut di kec.Tanah putih.

Beginilah perjuangan Kepala2 sekolah, guru dan para pihak yang tergabung dalam P2S dengan semangat melaksanakan pekerjaan tersebut agar selesai tepat waktu, pungkasnya.(Sw)

Editor Hendri

https://sumatratimes.co.id/2020/06/26/disdikbud-rohil-intens-melakukan-pengawasan-pekerjaan-dak-fisik

Rilis oleh: Diskominfotiks Rokan Hilir

Komentar