Bupati Rohil Resmikan UPT.Laboratorium Lingkungan

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :14 Agustus 2018 | Dudah Dilihat : 55 Kali Dilihat

Bupati H. Suyatno.Amp resmikan UPT. Laboratorium Lingkungan Hidup Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, senin (13/8/18) di jalan lintas Batu 4 Bagan punak Bagansiapiapi.

kepala Dinas lingkungan hidup Suwandi melaporkan, bahwasanya UPT laboratorium Lingkungan Hidup ini sudah di mulai Persiapannya sejak Tahun 2008 sampai dengan 2018 dengan menggunakan Dana APBD Rokan Hilir maupun Dana APBN melalui dana alokasi khusus di bidang lingkungan hidup. Dan merupakan kabupaten ke Dua di provinsi Riau selain kabupaten Rokan Hulu yang sudah memiliki laboratorium Lingkungan.

Saat ini menggunakan Tenaga analis lingkungan sebanyak 4 orang yang sudah memiliki sertivikasi ke ahlian analis setingkat sarjana (S1), begitu juga peralatan dan perlengkapan laboratorium yang dimiliki sudah sesuai standar laboratorium Lingkungan Hidup yang ditentukan Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan.

keberadaan laboratorium Lingkungan Hidup sudah bisa melakukan uji sampel, air bersih dan limbah yang merupakan kewajiban pihak usaha sesuai dengan Dokumen yang dimiliki.

Untuk jenis parameter yang diuji saat ini sebanyak 18 parameter dan kedepannya akan bertambah sesuai dengan kebutuhan, dengan adanya laboratorium ini kami mengharapkan kepada pihak perusahaan yang terkait dapat melakukan pengujian sampel air bersih dan limbah di Kabupaten Rokan Hilir, Yang mana selama ini dilakukan uji sampel nya di Pekan Baru bahkan ke provinsi Sumatera Utara.

“Kami Targetkan Tahun ini UPT laboratorium Lingkungan sudah dapat dari komite akreditasi Nasional (KANI), agar dapat sejajar dengan laboratorium lainya, pada akhirnya tentu mendapatkan pendapatan Asli Daerah, yang mana saat ini tentang Ranperda retribusi kekayaan Daerah masih di godok pemerintah,”kata suwandi

Laboratorium Lingkungan ini,tambah suwandi, juga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun Dunia usaha yang membutuhkan pelayanan uji sampel Air, begitu juga untuk mempercepat penanganan pada kasus – “kasus lingkungan yang selama ini terkendala karena jarak dan tempat, sehingga terkesan lambat dalam penanganan pengaduan lingkungan yang banyak dilaporkan oleh masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.

Bupati H. Suyatno dalam sambutanya,memberikan apresiasi kepada Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir yang telah berjuang untuk kemajuan Daerah, sehingga akhirnya kabupaten Rokan Hilir dinobatkan sebagai kabupaten yang ke Dua di provinsi Riau setelah Rokan Hulu mendapatkan UPT. lingkungan hidup.

selanjutnya,Apresiasi juga kepada perusahaan-perusahaan terutama sekali PT. Hipomas dan yang lainya juga terhadap kepedulian lingkungan dimasing-masing lokasinya.

Dengan diresmikannya UPT laboratorium Lingkungan ini, kita harapkan semua perusahaan yang beroperasi di Rokan Hilir, ada masalah terutama sekali dampak dari pada lingkungan perusahaan itu tidak perlu lagi jauh-jauh karena di Rohil sudah ada uji sampel,”harap suyatno

Petugas UPT. laboratorium Lingkungan Rohil tentunya sudah terdidik dan diberikan ilmu, makanya ilmu yang diberikan Tunjuk ajar ini betul-betul di manfaatkan.

Kadis lingkungan hidup Rokan Hilir mengusulkan beberapa perangkat untuk menunjang tugas-tugas UPT laboratorium lingkungan.” kita akan angarkan itu lebih kurang 1 Milyar lebih, dananya APBD Tahun 2019,” kata Suyatno.

Komentar