Bupati dan Wabup Rohil Buka Iven Bakar Tongkang 2018

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :01 Juli 2018 | Dudah Dilihat : 355 Kali Dilihat

Bupati Kabupaten Rokan Hilir H Suyatno AMP didampingi Wakil Bupati Drs Jamiluddin, menghadiri acara Ritual bakar tongkang yang berlokasi di jalan Perniagaan ujung, Kelurahan Bagan Barat, Sabtu (30/6/2018) Bagansiapiapi, Rohil, Riau.
 
Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan, bahwa Ritual Bakar Tongkang merupakan sejarah yang sudah menjadi agenda tahunan, sebagai bagian dari program pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dalam menarik minat wisatawan, baik dalam Negeri Maupun Luar Negeri untuk berkunjung Ke Rohil khususnya kota Bagansiapiapi.
 
 
"Ritual Bakar Tongkang adalah sebuah Ritual Tahunan bagi masyarakat Tionghoa yang ada di Bagansiapiapi, yang hingga kini terkenal di manca Negara dan masuk kalender Visit Indonesia," ucap Bupati.
 
Untuk diketahui, Sebelum Tongkang dibakar, terlebih dahulu dilakukan Prosesi Sembahyang yang digelar di Kalenteng In Ho King yang berada di jalan Aman, kelurahan Bagan kota, kemudian tongkang diarak mengengelilingi kota Bagansiapiapi menuju Tempat pembakaran Tongkang yang berada di jalan Perniagaan ujung.
 
 
Tepat Pukul 15.30 Wib, Bupati Suyatno Amp beserta Rombongan Forkompimda tiba di lokasi tempat acara Ritual Bakar Tongkang dimulai, Bupati Suyatno disambut Wakil Bupati Jamiluddin dan Kadispora Provinsi Riau Fahmizal.
 
Jelang beberapa menit Bupati dan Rombongan naik di atas Tongkang yang sudah dipersiapkan, di dalam Tongkang tersebut tampak hadir Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau, Irjen Pol Nandang, didampingi Bupati Suyatno dan Wakil Bupati Jamiluddin, Anggota DPRD Rohil, Anggota DPRD Riau Dapil Rohil Siswaja Muljadi atau Aseng, Tokoh Masyarakat Tionghoa Sugianto atau yang lebih dikenal dengan sebutan Toke baut, serta pejabat lainnya yang ikut menaiki Tongkang tanda dimulai acara pembakaran Tongkang.

Komentar