Bhakti Sosial TNI Tanam Pohon di Hutan Kota

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :14 November 2020 | Dudah Dilihat : 60 Kali Dilihat

Program penghijauan dan pembinaan lingkungan hidup kerjasama kodim 0321/Rohil dan Pemkab Rohil tahun 2020 dilaksanakan bakti sosial penanaman 2000 pohon di hutan kota Bagansiapiapi bersama generasi muda. Demikian hal ini ditegaskan oleh Dandim 0321/Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi,SIP,M.Pol di areal hutan kota jalan kecamatan komplek perkantoran batu enam, Bagansiapiapi, Sabtu (14/11/2020).

Hadir saat itu Kadis Lingkungan Hidup Rohil Suwandi,S.Sos, ketua FIF Bagan Batu Ali Nurhakim Rais, ketua Persit Kartika Candra, para Babinsa, Pramuka, PPM, Pemuda Pancasila dan ormas lainnya. 

Dandim 0321 Rohil membuka kegiatan ini ditandai dengan menanam pohon di areal hutan kota. Penanaman 2000 pohon ini diikuti juga oleh ormas, OKP, Pramuka binaan serta prajurit TNI dan Satpol PP, karyawan FIF Baganbatu serta petugas Dinas Lingkungan Hidup Rohil.

Dandim 0321 Rohil Letkol arh Agung Rachman Wahyudi,SIP,M.Pol menjelaskan bahwa program penghijauan ini merupakan program TNI yang dilaksanakan dalam setahun bisa dua kali bahkan empat kali yang bekerjasama dengan pihak pemerintah, swasta maupun dengan masyarakat.

"Harapan kita penanaman pohon ini sebagai motivasi kepada generasi muda untuk lebih berperan aktif dalam menjaga lingkungan hidup,"ujarnya.

Pada kali ini, sebutnya dalam rangka hari pahlawan dengan mengusung tema lingkungan hidup bersama melestarikan bumi indonesia demi masa depan penerus bangsa. Dikatakannya, pahlawan sekarang adalah kita sebagai generasinya untuk menyelamatkan bumi Indonesia yang salah satunya adalah hutan.

"Ini adalah salah satu upaya kita untuk melaksanakan pembinaan kepada masyarakat agar lebih mencintai lingkungan. Kita jaga alam, alam jaga kita,"tuturnya.

Kata ia, kita jaga alam, alam jaga kita merupakan gagasan kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Letjen TNI Doni Monardo agar pesan ini disampaikan kepada rekan yang lain baik melalui medsos, forum ataupun lainnya.

"Kedepan bisa dilaksanakan terus menerus. Kita siap mendukung,"katanya.

Lanjutnya, perlu dipahami bahwa hutan di Indonesia telah banyak penurunan khususnya di provinsi Riau karena disebabkan oleh kebakaran hutan, perubahan hutan menjadi lahan perkebunan sawit dan hutan di lahan telah berubah fungsi. 

"Hutan kota ini adalah salah satu wujud komitmen kabupaten Rokan Hilir mengajak generasi muda untuk lebih mencintai lingkungan. Saya yakin apabila hutan kota ini sudah jadi dan sudah bagus kita akan rindu suasana seperti ini. Hutan kita jaga bersama dan kita lestarikan bersama,"pungkasnya. (andy)

 

Rilis oleh: Diskominfotiks Rokan Hilir

Komentar