Bagan Sinembah Wakili Rohil Ikut Lomba Evaluasi Kerja Kecamatan Tingkat Provinsi

Doposting Oleh : Admin Web Rokan Hilir | Tanggal Posting :25 Oktober 2018 | Dudah Dilihat : 55 Kali Dilihat

Mewakili Pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kecamatan Bagan Sinembah ikut perlombaan "Evaluasi Kerja Kecamatan" tingkat Provinsi Riau tahun 2018.
 
Yang mana, sejak 7 tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau kerap melakukan Evaluasi Kerja Kecamatan di salah satu kecamatan di masing-masing Kabupaten se Riau.
 
Dan saat ini, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menilai bahwa Kecamatan Bagan Sinembah layak untuk ikut dalam lomba yang digelar setiap tahun itu.
 
Hal itu terungkap saat Bupati Rokan Hilir H. Suyatno yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan H. Feri H Parya memberikan sambutan pada pembukaan acara Evaluasi Kerja Kecamatan yang digelar di Gedung Lembaga Adat Melayu Kecamatan Bagan Sinembah. Selasa (23/10) pagi.
 
"Kita menilai, bahwa Kecamatan Bagan Sinembah layak untuk ikut serta dalam lomba ini, banyak prestasi yang sudah diraih, dan semua program berjalan dengan baik, bahkan sinergitas dengan Upika (Unsur Pimpinan Kecamatan) seperti Kapolsek dan Danramil serta instansi lainnya terjalin dengan baik, sehingga semua program berjalan dengan lancar," ungkapnya.
 
Pada kesempatan itu, Camat Bagan Sinembah, Sakinah, SSTP, M.SI dalam pemaparannya menyampaikan bahwa ikut sertanya Bagan Sinembah dalam lomba ini merupakan hal yang sangat baik.
 
"Ini penghargaan luar biasa, kita ditunjuk Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir untuk mengikuti lomba Evaluasi Kerja Kecamatan tingkat Provinsi Riau ini, semoga kita dapat memberikan yang terbaik," katanya.
 
Dipaparkannya, Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah, sudah banyak melakukan kegiatan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat dan penataan pemerintah.
 
Penertiban Rumah Liar dan Warung remang-remang yang dilakukan beberapa waktu lalu adalah kegiatan yang sangat menyita perhatian semua pihak.
 
Banyak tantangan yang dihadapi, namun demi terciptanya Bagan Sinembah yang indah, aman dan tertib, semua dapat dilakukan dengan baik. "Dan ini semua terwujud berkat kerjasama semua pihak, baik Kapolsek, Danramil dan para tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh pemuda. Alhamdulillah sekarang rumah liar dan Warung remang-remang sudah bersih," ungkapnya.
 
Selain itu, camat juga memaparkan tentang program produk unggulan yang digagasnya untuk upaya peningkatan ekonomi desa atau kepenghuluan.
 
"Defisit anggaran saat ini mengajarkan kita untuk kreatif, Alhamdulillah saat ini masing masing desa sudah memiliki ciri khas sendiri, ada desa Batik, desa Sapu Lidi, desa Cangkang dan masih  banyak yang lainnya," ungkapnya.
 
Dijelaskannya, produk unggulan ini, sudah berjalan dengan baik, produk unggulan ini juga dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), sehingga pemasarannya dapat terkelola dengan baik, dan saat ini, secara bertahap ekonomi desa sudah mulai membaik," paparnya.
 
Pada kesempatan itu, camat mengaku bahwa selain berharap mendapat yang terbaik, Camat Bagan Sinembah Sakinah juga meminta kepada para tim penilai untuk memberikan masukan, agar Bagan Sinembah dapat lebih baik lagi.
 
Di tempat yang sama, Ketua Tim Penilai Evaluasi Kerja Kecamatan, Dr H. Rahyunir Rauf M.Si menyampaikan bahwa Rokan Hilir baru pertama kali sejak 7 tahun lalu mengikuti lomba Evaluasi Kerja Kecamatan ini.
 
"Pertama maupun yang sudah, tidak menjadi ukuran dalam meraih yang terbaik, namun semua itu tergantung dari kriteria penilaian oleh tim, semoga mendapatkan hasil yang baik, dan itu semua tergantung dari program-program yang sudah terlaksana selama ini," ungkapnya.
 
Dosen Universitas Islam Riau ini menyampaikan bahwa dalam penilaian Evaluasi Kerja Kecamatan ini, ada beberapa poin yang akan dinilai.
 
Pertama, Pelimpahan Bupati terhadap camat, kedua, urusan pemerintahan umum, ketiga, urusan pemerintahan lainnya, keempat, Kompetensi dan prestasi camatnya.
 
Dijelaskannya, sistem penilaian ini dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk masa penilaian, Dr. H. Rahyunir Rauf M.Si ini menyampaikan bahwa penilaian dilakukan sesuai dengan standar penilaian. "Lama penilaian ini kita sesuaikan dengan kebutuhan, semua tergantung dari kriteria-kriteria yang dinilai dari masing-masing item," ungkapnya.
 
Saat disinggung tentang pemaparan yang disampaikan camat, Rauf mengaku sudah lumayan bagus, namun tim penilai melakukan penilaian secara objektif, sebab, dari masing-masing kegiatan itu juga akan diperiksa dokumennya, baik cara sinergitas dengan elemen lain serta pengambilan kebijakan.
 
"Inovasi yang dilakukan camat ini juga perlu kita tinjau dari dokumennya, bagaimana camat melakukan serangkaian awal dalam meluncurkan inovasi tersebut, dan sejauh mana inovasi itu bermanfaat untuk masyarakat," terangnya.
 
Dijelaskannya, dalam melakukan penilaian ini, Tim Penilai Evaluasi Kerja Kecamatan terdiri dari 7 orang.
 
"Tim kita terdiri dari 4 orang dari biro pemerintahan, 3 dari perguruan tinggi. Nanti nilainya kita akumulasi dan dibandingkan dengan kecamatan lain untuk mencari yang terbaik," ungkapnya. 
 
Hadir dalam acara itu, Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir, Drs. H. Syarifuddin, MM bersama anggota DPRD asal Bagan Sinembah, H. Bachid Madjid.
 
Tampak juga hadir, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Vera Taurensa, SS. MH, Danramil 03/Bgs Kapten Arh H Sitorus, Ketua Lembaga Adat Melayu, para datuk penghulu dan lurah, ibu-ibu Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), para tokoh Agama dan masyarakat serta undangan lainnya, seperti manager PTPN III.

Komentar