Logo
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Negeri Seribu Kubah

Sampai 400 Persen, Retribusi PMT di Rokan Hilir Melebih Target

girl
557 Kali Dilihat
Sampai 400 Persen, Retribusi PMT di Rokan Hilir Melebih Target

BAGANSIAPIAPI  - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Rokan Hilir (Rohil) melakukan sosialisasi lapangan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi (PMT) pada kurun waktu 3 sampai 6 Maret 2021 di Kecamatan Bangko Pusako, Balai Jaya, Bagansinembah dan Bagansinembah Raya. Sebagai target sosialisasi adalah para pengusaha bisnis wifi internet yang menggunakan media tower dalam menjalankan usahanya baik untuk kepentingan pribadi maupun badan usaha. Kepala Diskominfotiks Hermanto SSos melalui Kabid Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Indra Gunawan, SE menyampaikan bahwa sosialisasi lapangan ini sebagai bentuk upaya Diskominfotiks dalam mengejar peningkatan PAD dari sektor retribusi tower. 

"Untuk tahun lalu saja dari target retribusi sebesar Rp400 juta ryang ditetapkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Alhamdulillah kami berhasil mendapatkan nilai over target yang mencapai 400% lebih atau Rp. 1.6 miliar, hampir semuanya berasal dari tower seluler, sehingga saat ini kami mengejar tower wifi internet  sebagai potensi baru yang berjumlah cukup banyak di Kabupaten Rohil," kata Indra, Rabu (10/3/2021). Hal tersebut katanya merupakan usaha tindakan nyata Diskominfo dengan upaya melakukan sosialisasi dan koordinasi yang terus berlanjut kepada para pelaku usaha tower. 

"Dengan begitu saya yakin In Sha Allah tahun ini PAD akan semakin besar, sehingga ketergantungan APBD kita dari dana bagi hasil pemerintah pusat semakin berkurang," katanya.