Logo
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Negeri Seribu Kubah

Lakukan Penilaian, Ombudsman RI Perwakilan Riau Sebut Pelayanan Publik Di Rohil Cukup Bagus

girl
123 Kali Dilihat
Lakukan Penilaian, Ombudsman RI Perwakilan Riau Sebut Pelayanan  Publik Di Rohil Cukup Bagus

Diskominfo-Rohil - Tim penilai dari Ombudsman RI Perwakilan Riau dipimpin Ahmad Fitri secara mendadak laksanakan penilaian di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (15/9/2021). 

 

Ombudsman pertama sekali mengunjungi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang ada di Jalan Mawar, depan eks Kantor DPRD Rohil. 

 

Penilaian tersebut meliputi pemenuhan standar pelayanan, pelaksanaan pelayanan perizinan, pelayanan administrasi dan pelayanan jasa. 

 

Saat diwawancarai, Ahmad Fitri mengatakan bahwa pihaknya ke Rohil untuk memantau dan melihat kondisi pelayanan yang ada di kabupaten Rohil. 

 

"Khususnya pagi ini kami melihat pelayanan yang ada di DPMPTSP, memang kunjungan ini sifatnya mendadak dan saya pun baru bertemu pagi ini dengan kepala dinas dan kita melihat kondisi pelayanan yang ada di dinas ini, " cakapnya. 

 

Ia juga mengatakan, kunjungan ini dalam rangka melihat kembali kondisi pelayanan yang ada di kabupaten Rohil khusus di dinas DPMPTSP. Sebab lanjutnya, tahun-tahun sebelumnya pihaknya juga sudah melihat bagaimana kondisi pelayanan yang ada dinas tersebut. 

 

"Yang kami Lakukan juga dalam rangka Ombudsman akan menilai pelayanan yang ada di kabupaten Rohil ini, " paparnya. 

 

Dalam kunjungan nya di Dinas DPMPTSP tersebut, Ombudsman juga bertemu dengan Bupati dan wakil Bupati Rohil Afrizal Sintong - H Sulaiman. 

 

"Kebetulan dalam kunjungan ini kami juga bertemu dengan Bupati dan wakil Bupati dan kami Ombudsman tentu menyampaikan kepada Bupati bagaimana sebaiknya pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pelayanan publik, " katanya. 

 

Khusus di Dinas DPMPTSP tambahnya, secara umum pihaknya melihat kondisi pelayanan sudah baik dan berharap kondisi tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. 

 

Kami juga menyampaikan khusus nya yang ada di dinas penanaman modal ini bahwa secara umum kami melihat kondisi pelayanan sudah bagus dan tentu harapan kami kondisi seperti ini bisa di pertahankan dan tentu 

 

"Kami juga mengharapkan dinas DPMPTSP bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Rohil yang ingin mendapatkan pelayanan perizinan, karena sangat banyak pelayanan perizinan yang diberikan oleh dinas ini, " sebutnya. 

 

Ia juga mengaku sejauh ini pihaknya belum pernah mendapat laporan dari masyarakat berkaitan dengan pelayanan di dinas DPMPTSP tersebut. 

 

Usai melaksanakan penilaian di DPMPTSP, Ombudsman juga akan melakukan penilaian di beberapa pelayanan yang ada di Rohil. 

 

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong meminta tunjuk ajar kepada Ombudsman RI agar kedepannya pelayanan publik terhadap masyarakat semakin meningkat.

 

"Kami masih baru berjalan sekitar tiga bulan, jadi kami juga butuh saran dan masukan bagaimana kedepannya lebih baik lagi," cakap Afrizal. 

 

Kepala DPMPTSP Acil Rustianto menambahkan, beberapa pemeriksaan dan penilaian yang dilakukan Ombudsman diantaranya website pelayanan baik elektronik maupun manual seperti spanduk, kepastian waktu, alur, kotak pengaduan serta lainnya. 

 

"Intinya Ombudsman ingin memastikan masyarakat dilayani dengan baik dan ada kepastian dalam pelayanan, " pungkasnya.