Pertanian
Perkebunan
Perikanan
Peternakan
Kehutanan
Pariwisata
Industri & Perdagangan
Pertambangan & Energi
Perbankan & Koperasi
 
Air Bersih
Tenaga Listrik
Transportasi & Komunikasi
Pengairan
Sarana Perhubungan
 
Agama
Pendidikan
Kesehatan
Peradilan dan Kriminalitas
Sosial Lainya
Transmigrasi
Ketenagakerjaan
Perumahan
Kependudukan
 
BAGAN SIAPIAPI
Hujan Ringan
Cuaca : Hujan Ringan
Suhu : 23 - 34 °C
Kelembapan : 47 - 98 %
Kecepatan Angin : 16 (km/jam)
Arah Angin : Utara
Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim Buka Rakor Perencanaan Pariwisata Se-Riau Di Rohil
Selasa, 06 Maret 2018 | Dituliskan di kategori: Berita | Dibaca 245 kali
Ditulis Oleh : heru
BAGANSIAPIAPI - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Wan Thamrin Hasyim secara resmi membuka acara rapat koordinsasi (rakor) teknis perencanaan pariwisata se-Propinsi Riau di gedung serba guna Jalan Utama Bagansiapiapai Kabupaten Rokan Hilir, Senin ( 5/3/2018).

Rakor untuk memajukan bidang pariwisata di Propinsi Riau ini di hadiri Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin, Forkompinda Rohil, Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Riau Fahmizal ST, MSi, Ketua LAM Riau Al-Azhar, pejabat tinggi pratama Propinsi Riau, seluruh kadis Pariwisata Kabupaten/Kota se-propinsi Riau, Sekda Rohil Drs Surya Arfan, Kepala OPD Rohil serta para Camat Rohil.

Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin dalam sambutan pembukaan menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Plt Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim serta seluruh peserta Rakor dari seluruh Kabupaten/Kota Propinsi Riau pada acara Rakor teknis perencanaan pariwisata se-propinsi Riau di Rokan Hilir.

Sementara Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim yang pernah menjadi Bupati di Rohil ini menyampaikan rasa kegembiraannya dapat membuka acara rakor pariwisata propinsi Riau di kampung halamannya ini. Ia menyampaikan walaupun semua tahu Riau ini memiliki kekayaan alam yang melimpah.

"Dulu Riau ini minyak diatas, minyak dibawah namun minyak itu bukan suatu benda yang bisa segera diperbaharui. Pada tahun 2021 kita sudah putus hubungan dengan chevron, tentu kita harus tahu mengambil langkah ke arah industri pariwisata. Kebetulan Propinsi Riau Tahun 2018 mendapat juara umum pesona wisata nasional," kata Thamrin Hasyim.

Selain itu, Plt Gubri Wan Thamrin juga menceritakan bagaimana sejarah berdirinya Rokan Hilir serta tentang terciptanya lagu Mars dan hymne Rokan Hilir dari seorang seniman andalan dan juga pejuang veteran Rohil bernama Misran Rais (Alm).

"Dulu gedung tempat diadakannya rakor ini bernama gedung Nasional atau gedung serba guna. Saya ingat merintis di gedung ini waktu itu masih bernama gedung Nasional, disinilah para pendiri Rokan Hilir membahas permasalahan tentang pembentukan Kabupaten dan dinyanyikannya Mars dan Hymne Rokan Hilir pertama kalinya," ungkapnya.

Pemberian nama Gedung Misran Rais pada Gedung serba guna oleh mantan Bupati pertama di Rohil itu bukan tanpa alasan, mengingat Misran Rais (alm) adalah seniman handal dan salah satu putra terbaik Rokan Hilir semasa hidupnya begitu banyak memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah Rohil.

"Akhirnya saya ada inisiatif dengan mengusulkan mengganti nama gedung ini dengan nama Gedung Misran Rais, begitu juga dengan Mess Pemda di Jalan Perwira yang merupakan cagar budaya Rohil tersebut sebaiknya diganti namanya menjadi Gedung Daerah," pinta Wan Thamrin Hasyim.

Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Riau Fahmizal ST, MSi saat dikonfirmasi usai acara rakor mengatakan bahwa rakor ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya untuk mengawali perencanaan dari tingkat bawah sampai tingkat nasional. Dengan tujuannya menjadikan sektor pariwisata Riau dapat memberikan faedah yang besar untuk menggerakan ekonomi masyarakat Riau.

"Rakor ini kegiatan wajib yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh dinas pariwisata Propinsi Riau untuk mengawali perencanaan dari tingkat bawah sampai tingkat nasional. Tujuannya untuk membawa sektor pariwisata itu benar-benar membawa faedah bagi perekonomian di Riau," kata Fahmizal.

Pengembangan bidang pariwisata Riau dalam kurun dua tahun terakhir menurut Fahrizal menunjukan hasil yang positif kedepannya. Propinsi Riau pada tahun 2017 uang yang beredar dari sektor pariwisata mencapai Rp.4,2 triliun. Sementara untuk peredaran uang dari wisata Bakar Tongkang di Rohil mencapai Rp.200 miliar.

"Sampai sejauh ini, data-data statistik dari sektor pariwisata yang diupayakan dua tahun terakhir menunjukan hasil yang positif. Salah satunya wisata Bakar Tongkang di Rohil pada Tahun 2017 pergerakan wisatawan mencapai 52.000 orang selama satu minggu dengan peredaran uang dimasyarakat sekitar Rp.200 miliar," jelasnya.

Diharapkan dengan a

[ Kembali ]
 
Arsip »»
• 09/04/2018 Plt. Bupati Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan PKS.....
• 06/04/2018 Sekretariat Daerah Gelar Pengajian Bulanan.....
• 06/04/2018 Pemkab Rokan Hilir Serahkan LKPD kepada BPK RI.....
• 26/03/2018 Plt Bupati Rohil Lantik 18 Korwilcam Pendidikan se - Rohil.....
• 26/03/2018 Bersama KPK, Plt Bupati Rohil Jamiludin Buka Sosialisasi Bintek e-Filling Aplikasi e-LHKPN.....
• 06/03/2018 Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim Buka Rakor Perencanaan Pariwisata Se-Riau Di Rohil.....
• 05/03/2018 Kadis LH Rohil Suwandi S.Sos : Tiga Bulan Bersihkan Sampah Wujudkan Rohil Bersih Dari Sampah.....
• 27/02/2018 Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin Pantau Pengerjaan Jembatan Jalan SMU 2.....
• 27/02/2018 Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin Buka Sosialisasi Perbup Tentang Manajemen Resiko.....
• 27/02/2018 Plt Bupati Rohil Drs Jamiludin Beri Bantuan Korban Kebakaran Di Kecamatan Bangko.....
Arsip Lengkap »
 
     
Free backlink [Valid RSS]