Pertanian
Perkebunan
Perikanan
Peternakan
Kehutanan
Pariwisata
Industri & Perdagangan
Pertambangan & Energi
Perbankan & Koperasi
 
Air Bersih
Tenaga Listrik
Transportasi & Komunikasi
Pengairan
Sarana Perhubungan
 
Agama
Pendidikan
Kesehatan
Peradilan dan Kriminalitas
Sosial Lainya
Transmigrasi
Ketenagakerjaan
Perumahan
 
BAGAN SIAPIAPI
Hujan Ringan
Cuaca : Hujan Ringan
Suhu : 23 - 34 °C
Kelembapan : 47 - 98 %
Kecepatan Angin : 16 (km/jam)
Arah Angin : Utara
Bupati Adakan Pertemuan dengan Konsultan PMaP Bappenas
Rabu, 08 November 2017 | Dituliskan di kategori: Berita | Dibaca 87 kali
Ditulis Oleh : sarwan
BAGANSIAPI – Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengadakan pertemuan dengan Tim Land Equity International yang diketuai oleh Imelda Sihombing. Pertemuan ini difasilitasi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Rokan Hilir HM. Job Kurniawan di Kediaman Bupati Rokan Hilir Bagansiapiapi, Rabu (08/11/2017)
Tim Land Equity International ini merupakan rekanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Republik Indonesia yang merupakan konsultan dalam melaksanakan kegiatan Participatory Mapping and Planning (PmaP) atau Pemetaan dan Perencanaan Partisipatif. PMaP memiliki tugas yaitu pemetaan batas desa partisipatif, Inventarisasi informasi tata guna lahan dan sumber daya alam, inventarisasi data perizinan untuk lahan dan sumber daya alam, dan penguatan kapasitas pemerintah daerah untuk perencanaan spasial dan manajemen sumber daya alam. Program ini dilaksanakan di 40 Kabupaten /Kota se-Indonesia dan salah satunya di Kabupaten Rokan Hilir.
Manfaat dari kegiatan ini mudahnya mencari data spasial, potensi wisata, pertanian perkebunan dengan akurasi data diatas 90%. Salah satu contoh pemda bisa memetakan daerah yang merupakan kawasan HTI, HPH, Hutan Lindung dan lain sebagainya, sehingga apabila ada Perusahaan HTI atau HPH yang menyalahi izin yang telah ditetapkan kita bisa mengetahui dan perusahaan tidak bisa berkelit karena pemda memiliki data yang akurat.
Hal ini sejalan dengan pemikiran Bupati Rokan Hilir H. Suyatno bahwa dengan adanya pemetaan yang akurat maka setiap perencanaan yang matang bakal menjadi hasil yang sempurna dan diawasi dengan seksama. Karena konsep yang digesa sekarang yaitu memaksimalkan infrastruktur yang akan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. “Jangan seperti yang terjadi, bangun dulu proyeknya tapi pemanfaatannya tidak maksimal dan tidak tepat sasaran dan terjadi pemborosan anggaran” ujar Bupati
“Disamping itu pemerintah kabupaten bisa menuntut dan berargumentasi dengan pemerintah pusat untuk suatu permasalahan yang dilengkapi dengan data yang lebih akurat, seperti contoh kalau pemda bisa menuntut perusahaan pemegang HPH bila mengabaikan apa yang telah ditentukan meskipun izinnya dikeluarkan oleh pemerintah pusat, juga mempermudah kita dalam pengusulan program-program ke pemerintah pusat”. tambahnya
Kedepan kita perkuat data dari mulai desa dan dengan diberikannya pelatihan kepada pendamping desa, dan diharapkan instansi yang bersinggungan dengan kegiatan PmaP ini agar bersungguh sungguh dalam memanfaatkan kegiatan ini untuk kemajuan Rokan Hilir kedepan.
Hadir pada kesempatan tersebut kepala Bappeda Rohil HM. Job Kurniawan, Plt. Asisten Bidang Administrasi Umum H. Muzakkar, Kasubbag Humas Hasnul Yamin.

[ Kembali ]
 
Arsip »»
• 10/10/2017 Bupati Lantik Pengurus HIPEMAROHI Pekanbaru.....
• 05/10/2017 Gubri "Irup" Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir ke-18.....
• 03/10/2017 Rohil Masih Kaya Ikan, 477 Peserta Ambil Bagian Dalam Lomba Mancing.....
• 03/10/2017 Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila.....
• 25/09/2017 Serahkan 53 SK CPNS untuk Guru Garis Depan, Pemkab Rohil Berharap Mutu Guru Meningkat.....
• 25/09/2017 Pemkab Rohil Gelar Tabligh Akbar.....
• 15/09/2017 Satpol PP Razia Perizinan Hotel.....
• 14/09/2017 Hari Jadi IBI ke-66, Suyatno: Bidan harus siap dipanggil 24 jam.....
• 14/09/2017 Bupati Resmikan Kantor Camat Pasir Limau Kapas.....
• 12/09/2017 Musim Hujan, Daerah Pesisir Mulai Banjir.....
Arsip Lengkap »
 
     
Free backlink [Valid RSS]