Pertanian
Perkebunan
Perikanan
Peternakan
Kehutanan
Pariwisata
Industri & Perdagangan
Pertambangan & Energi
Perbankan & Koperasi
 
Air Bersih
Tenaga Listrik
Transportasi & Komunikasi
Pengairan
Sarana Perhubungan
 
Agama
Pendidikan
Kesehatan
Peradilan dan Kriminalitas
Sosial Lainya
Transmigrasi
Ketenagakerjaan
Perumahan
 
BAGAN SIAPIAPI
Hujan Ringan
Cuaca : Hujan Ringan
Suhu : 23 - 34 °C
Kelembapan : 47 - 98 %
Kecepatan Angin : 16 (km/jam)
Arah Angin : Utara
Tinggi, Penderita HIV-AIDS
Rabu, 30 Oktober 2013 | Dituliskan di kategori: Berita | Dibaca 69100 kali
Ditulis Oleh : Webmaster
BAGANSIAPI-API - Jumlah penderita HIV AIDS terus mengalami pertambahan hingga 2013 ini tercatat sebanyak 87 orang penyandang HIV di Kabupaten Rokan Hilir. Wakil Bupati Rokan Hilir yang juga Ketua Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) H Suyatno prihatin dengan fenomena yang terjadi itu. Pada satu kesempatan Wabup mengungkapkan pada wartawan bahwa tingkat penyebaran HIV yang cukup tinggi di Kabupaten Rohil telah sampai pada tingkat meresahkan.

Pada saat ini, ujarnya, dengan mencapai 87 penderita tersebut maka Kabupaten Rohol merupakan tertinggi kedua dalam hal kasus penyakit membahayakan itu se Provinsi Riau. Dari jumlah yang dilaporkan tersebut, mayoritas penderita merupakan kalanganpermpuan dengan sebaran wilayah tertinggi di Kecamatan Bagans Sinembah dan Pasir Limau Kapas. Kedua wilayah tersebut memiliki keadaan yang relatif sama yaitu sebagai perbatasan antara Rohil (Riau) dan Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan (Sumut).

Berbagai upaya penanggulangan menurut Suyatno mendesak untuk segera dilakukan, kepada segenap pihak mesti dapat memberikan kontribusi yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran agar berperilaku hidup bersih sehat berpedoman pada agama agar tidak terjebak pada tindakan yang rawan dengan terkena HIV/AIDS.

Wabup menekankan Harus segera dilakukan solusi agar penyebaran penyakit mematikan itu bisa segera teratasi. Dia menambahkan meskupun kedua wilayah Kecamatan Bagan Sinembah dan Pasir Limau Kapas diketahui memiliki penderita yang cukup banyak namun tidak tertutup kemungkinan juga terdapat di kecamatan lainnya.

"Sejauh ini BND bersama Komisi Penanggulangan IDS (KPA) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pelajar, dengan harapan agar dapat mengurangi penyebab dan dapat mengurangi jumlah penderita yang disebabkan oleh virus HIV / AIDS. Pemberian informasi dinilai sangat pernting agar ada pemahaman secara luas ditengah masyarakat mengenai apa HIV/AIDS sebenarnya, bagaimana sikap sosial terhadap penderita, mengantisipasi secara dini agar tidak terkena penyakit tersebut dan seterusnya.

Hal lain yang perlu diwaspadai menurut Wabup agar tidak terjerat kepada penggunaan narkotika, karena dari kebiasaan ini juga dapat berdampal buruk seperti HIV/AIDS. Wabup menghimbau, mengingat kalangan remaja dan pemuda rentan dengan penyalahgunaan narkotika maka orang tua harus dapat berperan maksimal dalam mengawasi perilaku anaknya sehingga terhindar dari penggunaan narkotika

SUMBER: RIAUPOS 30 Oktober 2013

[ Kembali ]
 
Arsip »»
• 16/08/2017 DPRD Rohil Sahkan Ranperda Tentang Hak Keuangan Dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD.....
• 16/08/2017 Sekda Kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.....
• 16/08/2017 Pawai Karnaval Sempena HUT RI ke-72 berlangsung Meriah.....
• 15/08/2017 Bupati Pimpin Upacara HUT Pramuka ke-56.....
• 14/08/2017 Ketua Kwarcab Rohil Tinjau Aktivitas Perkemahan Pramuka.....
• 11/08/2017 Trayek "Tour Pulau Jemur" Resmi dibuka.....
• 11/08/2017 Sekda Pimpin Upacara HUT Riau ke-60.....
• 06/06/2017 Suyatno dan Kepala Daerah di Riau Ikuti Pembekalan Kepemimpinan dari Mendagri.....
• 22/05/2017 Putra Bagansiapiapi Ini Akhirnya Jadi Wakil Gubernur Riau dan Dilantik Jokowi.....
• 04/05/2017 Pertemuan Pimpinan DPRD dan Kontraktor.....
Arsip Lengkap »
 
     
Free backlink [Valid RSS]